TUGAS KULIAH PENENTUAN STRATEGI – SWOT ANALYSIS (PT. PERTAMINA)


Tugas pengantar Bisnis/ Tugas Manajemen Strategi

VISI:

“ Menjadi Perusahaan Energy Nasional Kelas Dunia”

MISI:

“Menjalankan Usaha Minyak Gas serta Energi baru dan terbarukan secara Terintegrasi”



PENENTUAN STRATEGI – SWOT ANALYSIS (PT. PERTAMINA)
INTERNAL FAKTOR










EKSTERNAL FAKTOR
STRENGTHS
o  Menyediakan produk yang berkualitas tinggi
o  Memiliki pelayanan yang baik
o  Sumber daya manusia yang handal
o  Pengalaman di bidang migas
o  Penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi

WEAKNESESS
o Kurangnya modal
o Masalah birokrasi yang menghambat kinerja
o Penempatan karyawan yang tidak sesuai dengan kemampuan
o Jumlah armada yang kurang
o Ketergantungan pasokan pada satu pemasok
1.        
OPPRTUNITIES

o  Pasar bisnis yang masih tinggi
o  Harga jual yang murah
o  Sumber daya migas yang masih cukup tinggi
o  Produk, yang bisa jadi menggantikan dominasi penjualan  premium.
o  Sebagai pemimpin dalam pasar Bahan Bakar Minyak (BBM)

SO-STRATEGY
o  Melakukan strategi pemasaran yang agresif.
o  Meningkatkan sistem teknologi dan informasi untuk memenangkan kompetisi bersaing.
o  Memaksimalkan pelayanan kepada konsumen
o  Menjaga kualitas dan harga tetap seimbang agar tetep menjadi pemimpin pasar.

WO –STRATEGY
o   Penempatan  karyawan yang sesuai dengan kemampuannya.
o   Mengoptimalkan kegiatan armada dalam kegiatan distribusi.
o   Mengoptimalkan kegiatan eksplorasi.
o   Melakukan strategi konservatif.
o   Memperbaiki manajemen sumber daya perusahaan.

THREATS

o  Masuknya pihak swasta untuk beroperasi dibidang Non-BBM
o  Makin banyaknya pihak swasta yang melakukan eksplorasi migas di wilayah Indonesia.
o  Pengaruh Intervensi
o  Pasar bebas
o  Image bahwa produk yang ditawarkan kompetior memiliki tingkat kualitas yang lebih baik

ST-STRATEGY
o  Melakukan strategi kompetitif.
o  Melakukan kegiatan yang mandiri
o  Memaksimalkan sumber daya yang ada untuk menghadapi era pasar bebas dan pesaing lain
o  Meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas armada, fasilitas, dan pelayanan yang efisien.

WT-STRATEGY
o   Melakukan strategi defensif
o   Mengikuti perkembangan jaman dengan cara mengadaptasikan teknologi terbaru.
o   Mengubah image dari para konsumen bahwa produk pesaing memiliki kualitas yang lebih baik.
o   Meminimalisasi birokrasi yang kompleks.
o   Melakukan diklat terhadap SDM untuk menghadapi pasar bebas dan para pesaing.

Related Posts

0 Response to "TUGAS KULIAH PENENTUAN STRATEGI – SWOT ANALYSIS (PT. PERTAMINA)"

Post a Comment

Jika Postingan ini membantu kamu, ayo tinggalkan sedikit komentar agar Admin lebih bersemangat untuk terus menyediakan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi orang lain :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel